This Is The End (2013)


"I don't wanna die at James Franco's house," -  Jay Baruchel

RottenTomatoes: 83%
IMDb: 6.3/10
NikenBicaraFilm: 3,5/5

Rated: R (Restricted)
Genre: Action & Adventure, Comedy, Horror

Directed by Seth Rogen, Evan Goldberg ; Produced by Seth Rogen, Evan Goldberg, James Weaver ; Screenplay by Seth Rogen, Evan Goldberg ; Based on Jay and Seth versus the Apocalypse
by Jason Stone ; Starring James Franco, Jonah Hill, Seth Rogen, Jay Baruchel, Danny McBride, Craig Robinson ; Music by Henry Jackman ; Cinematography Brandon Trost ; Edited by Zene Baker ; Production company Mandate Pictures, Point Grey Pictures ; Distributed by Columbia Pictures ; Release date(s) June 12, 2013 (United States) ; Running time 106 minutes ; Country United States ; Language English ; Budget $32 million ; Box office $126,041,322

Story / Cerita / Sinopsis :
Jay Baruchel tiba di L.A dan Seth Rogen mengajaknya untuk berpesta di rumah James Franco ketika kiamat kemudian datang dan mengurung ketiganya bersama Jonah Hill, Craig Robinson dan Danny McBride.

Review / Resensi :  
Dunia kiamat bukan hal baru bagi Hollywood. Premis ini terbilang sudah basi, sehingga para movie-maker perlu memberikan suntikan baru bagi cerita yang sudah sering kita saksikan di film. Ummh.. so how about make a hilarious comedy movie about apocalyptic? Ya, film komedi tentang hari kiamat adalah ide yang cukup bagus. Tapi tunggu dulu... ada ide yang jauh lebih orisinil: bagaimana jika kita membuat film mengenai kiamat, kemudian mengumpulkan para aktor-komedian sebagai the survivors - yang berperan sebagai dirinya sendiri? Now, that's a really great idea!

Seth Rogen dan Evan Goldberg (Superbad, The Pineapple Express) telah lama memiliki ide brilian tentang membuat film dimana para aktor dan aktrisnya berperan menjadi diri mereka sendiri. Ini saja sudah ide yang seru. Lantas mereka membuat bagaimana apabila kemudian ada kejadian luar biasa terjadi - dibuatlah kiamat yang bersetting di Los Angeles: bukit yang terbakar, gempa bumi, "lubang neraka" yang tiba-tiba muncul di tanah, dan makhluk persilangan dinosaurus dan iblis. Anyway, jangan terlalu dipikir serius mengenai konsep kiamat yang ada - ini adalah film komedi. Nggak usah dipikir terlalu jauh mengenai betapa tidak masuk akalnya konsep kiamat yang ada di This is The End - ini jelas bukan konsep kiamat yang membuatmu takut.

Memerankan diri sendiri adalah tema orisinil yang menjadi nyawa This is The End. Walaupun mungkin kita tidak tahu apakah James Franco memang sebelagu itu, Danny McBride semenyebalkan itu, atau Jonah Hill semunafik itu. Mungkin karakter mereka memang real seperti yang ditunjukkan di film ini - ataupun ini cuma bohong-bohongan, whatever, tapi konsep itu sendiri sudah membuat saya terbahak-bahak. Apalagi ketika mereka harus mempermalukan dan mengolok-olok diri mereka sendiri, dengan membawa unsur-unsur dari film dan gosip yang pernah mereka lalui : 127 Hours, Pineapple Express, Your Highness, maupun gosip James Franco pernah tidur dengan Lindsay Lohan.

Komedinya mungkin agak sedikit kasar dan vulgar, tapi bukan berarti itu tidak menghibur. Ini mungkin hal yang jarang terjadi buat saya, mengingat saya (pernah) tidak menyukai Seth Rogen. Adegan awalnya, reuni antara Jac Baruchel dan Seth Rogen, mungkin terlalu panjang dan agak membosankan, namun seiring kita dibawa ke party-nya James Franco, tensi kekocakan This is The End-pun mulai mampu membuatmu terbahak. Perkelahian antar keenam lucky-bastard survivor: Jay Baruchel, Seth Rogens, Jonah Hill, James Franco, Craig Robinson, dan Danny McBride benar-benar cukup untuk membuatmu tertawa - walaupun mungkin ada beberapa komedi yang agak sedikit miss. Ada pula beberapa adegan sadis, yang anehnya justru mengundang tawa. Sayangnya, menjelang akhir film This is The End tidak lagi selucu bagian awalnya - malah justru membuat durasi terasa kepanjangan.

Yang tentu saja paling menarik dari This is The End adalah kemunculan figuran aktor / aktris lain seperti Emma Watson, Rihanna, Michael Cera, Paul Rudd, Jason Segel hingga Channing Tatum. They don't have an important role, tapi kemunculan dan kematian mereka (hell, yeah!) cukup menambah daya tarik - terutama Michael Cera yang edan banget di sini.

Overview:
This is The End adalah film yang menawarkan 2 hal: perspektif baru dalam melihat dunia kiamat, dan bagaimana para aktor/komedian memerankan diri mereka sendiri. Komedinya memang sedikit kasar, namun tidak ada yang lebih lucu dari aktor yang menertawakan dan menghina diri mereka sendiri. Cameo dari para artis lainnya adalah bonus hiburan lainnya.

Komentar