[Quick Review] 22 Jump Street (2014), Two Night Stand (2014), Paddington (2015), The Lego Movie (2014)


22 JUMP STREET (2014)
RottenTomatoes: 85% | NikenBicaraFilm: 4,5/5


Starring: Jonah Hill, Channing Tatum, Ice Cube
Directed by: Christoper Miller & Phil Lord
Genre: Comedy, Action

Sebagai sekuel dari 21 Jump Street (2012) yang terbilang cukup berhasil, bisakah 22 Jump Street lebih lucu lagi? And yes it did! Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum) kembali menyelidiki peredaran obat terlarang yang disebut Whyphy di sebuah local college. Penyelidikan mereka tentu saja tidak berjalan dengan baik, dan justru mengancam hubungan "bromance" mereka. The best part of 22 Jump Street is they mocked about the movie itself as a sequel - and that was clever move. Naskah yang ditulis kembali oleh Michael Bacall memang masih menghadirkan joke-joke kasar dan weird yang ummmh-I-don't-get-it, tapi secara keseluruhan 22 Jump Street menjadi semacam parodi yang kocak, fresh, pintar dan konyol. Tonton saja ketika 22 Jump Street menertawakan bahwa kasus mereka tidak jauh berbeda dengan kasus yang mereka tangani sebelumnya, maupun konflik di hubungan bromance mereka yang seperti hubungan 2 orang gay. Don't forget the ending credit, when they mock the endless sequel from their franchise - hilarious!

Schmidt: "Say something cool!"
Jenko: "Something cool!"

Next (Two Night Stand (2014), Paddington (2015), and The Lego Movie (2014)) --->
TWO NIGHT STAND (2014)
RottenTomatoes: 34% | NikenBicaraFilm: 2,5/5


Starring: Analeigh Tipton, Miles Teller
Directed by: Max Nichols
Genre: Comedy, Romance

Two Night Stand bercerita mengenai Megan (Analeigh Tipton) yang baru saja putus dari tunangannya dan kemudian memutuskan untuk kencan one-night-stand dengan cowok yang ditemuinya lewat online dating, Alec (Miles Teller). One-nigh-stand itu kemudian berubah menjadi two-night-stand ketika Megan paginya tidak bisa pulang akibat badai dan harus terjebak seharian bersama Alec. Sesungguhnya Two Night Stand dimulai dengan cukup baik, dan saya sempat merasa Megan adalah representasi yang baik tentang saya (karena nasib kurang lebih hampir serupa), namun pada akhirnya rom-com ini terlalu konvensional dan mudah ditebak. Nama Miles Teller menjadi cukup menarik selepas aksinya di Whiplash (2014) dan chemistry-nya dengan Analeigh Tipton yang jebolan America's Next Top Model sebenarnya cukup kuat, namun Two Night Stand sendiri tidak bisa menjaga tempo dan intensitas di bagian pertengahan film, sehingga agak membosankan dan membuat saya bahkan malas-malas melanjutkan nontonnya. Kalo boleh jujur, saya malah langsung skip ke bagian akhir. Easy movie, but kinda boring. 

PADDINGTON (2015)
RottenTomatoes: 98% | NikenBicaraFilm: 4,5/5


Starring: Sally Hawkins, Hugh Bonneville, Ben Whishaw
Directed by: Paul King
Genre: Kids & Family, Comedy

Paddington adalah salah satu contoh family movie yang tidak hanya menyenangkan untuk ditonton oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Cerita Paddington fokus pada Paddington (diisi suaranya oleh Ben Whishaw), beruang eksotis dari hutan Peru terpaksa pergi ke London setelah hutannya terbakar, dan kemudian dirawat oleh sebuah keluarga. Sesungguhnya jalinan cerita Paddington sangat sederhana, namun kesederhanaan itulah yang justru menjadikan Paddington terasa manis dan hangat. Selipan komedinya, lewat aksi kocak nan menggemaskan dari si beruang ceroboh Paddington (dengan spesial efek yang luar biasa), juga mampu sangat menghibur. Paddington juga dengan bijak mencoba mengajarkan kita nilai dan arti sebuah keluarga - yang menjadikannya menjadi sebuah film yang begitu mudah untuk disukai oleh siapapun. Dan visual effect serta production set-nya lah yang menjadi nilai plus bagi Paddington, seperti mengingatkan saya akan kombinasi film-film Wes Anderson dan Harry Potter: indah dan artistik.  

THE LEGO MOVIE (2014)
RottenTomatoes: 96% | NikenBicaraFilm: 5/5


Starring: Chris Pratt, Elizabeth Banks, Will Ferrell, Morgan Freeman
Directed by: Christoper Miller & Phil Lord
Genre: Kids & Family, Comedy

Just realized that I haven't reviewed it yet - whereas The Lego Movie is my favorite comedy movie last year - or ever! Dengan animasi yang berangkat dari balok-balok mainan paling terkenal di dunia, Lego, The LEGO Movie bercerita mengenai petualangan Emmet (Chris Pratt), seorang pekerja konstruksi biasa yang mendadak menjadi orang spesial setelah dirinya tidak sengaja menemukan penutup tabung Kragle dan harus berjuang mengalahkan Lord Business (Will Ferrell) yang ingin membekukan dunia Lego. Sudah dimulai dengan sangat lucu (All of this is true, because it is ryhme), The LEGO Movie adalah sajian lengkap yang sangat menghibur dan kocak dari awal hingga akhir. Phil Lord dan Christoper Miller yang menyusun naskah sekaligus menyutradarai memang terkesan membangun film dengan comot film sana - sini, namun mampu merangkainya menjadi sebuah film yang segar dan baru. Leluconnya pintar sekaligus konyol, karakternya kuat, dengan cameo tokoh-tokoh populer macam Gandalf, Batman hingga Superman yang diparodikan. Selipan nilai moralnya juga sangat kuat: setiap orang bisa jadi spesial, apalagi jika mampu bekerjasama - maupun pentingnya keseimbangan "menaati aturan" dan "pemberontakan". Jangan lupakan juga single "Everything is Awesome" yang easy listening. Absolutely this movie is one of my favorite!

Komentar