Only Lovers Left Alive (2013) (4,5/5)

How can you've lived for so long and still not get it? This self obsession is a waste of living. It could be spend in surviving things, appreciating nature, nurturing kindness and friendship, and dancing. You have been pretty lucky in love though, if I may say so.
RottenTomatoes: 86% | IMDb: 7,3/10 | Metascore: 79/100 | NikenBicaraFilm: 4,5/5

Rated: R | Genre: Drama


Directed by Jim Jarmusch ; Produced by Jeremy Thomas, Reinhard Brundig ; Written by Jim Jarmusch ; Starring Tilda Swinton, Tom Hiddleston, Mia Wasikowska, Anton Yelchin, Jeffrey Wright, Slimane Dazi, John Hurt ; Music by Jozef van Wissem, Yasmine Hamdan, SQÜRL ; Cinematography Yorick Le Saux ; Edited by Affonso Gonçalves ; Production company Recorded Picture Company, Pandora Film ; Distributed by Soda Pictures (United Kingdom), Pandora Film Verleih (Germany) ; Release date 25 May 2013 (Cannes), 25 December 2013 (Germany), 21 February 2014 (United Kingdom) ; Running time 123 minutes ; Country United Kingdom, Germany ; Language English ; Budget $7 million

Story / Cerita / Sinopsis :
Adam (Tom Hiddleston) adalah seorang vampir penyendiri di Detroit yang sedang depresi dan nampaknya berencana untuk bunuh diri. Sang kekasih, Eve (Tilda Swinton) pun datang untuk menemani sang suami. 

Review / Resensi :
Dalam pop culture, vampir digambarkan sebagai makhluk menakutkan yang mampu hidup selama ratusan atau bahkan ribuan tahun, suka minum darah dan mengancam keselamatan manusia. Film tentang vampir mungkin sudah sering kita tonton, terutama dalam genre yang sudah sepantasnya: horror. Terlepas dari ceritanya yang cheesy abiz, Twilight harus diakui mem-booming-kan kembali vampir ke dunia hiburan - walaupun novelnya sendiri seperti mendegradasi citra vampir itu sendiri. Sedangkan TV series True Blood agak berbeda, menampilkan citra vampir yang hot dan seksi (Alexander Skarsgaard omaygat!). Kalau kamu butuh film horror vampir yang keren, kamu bisa menonton Let The Right One In (atau US versionnya, Let Me In, yang menurut saya lebih bagus) dan A Girl Walks Home Alone at Night. Only Lovers Left Alive adalah film tentang vampir-vampiran juga, namun di tangan Jim Jarmusch - sutradara indie-hipster Amerika Serikat - Only Lovers Left Alive menampilkan citra vampir yang tidak pernah hadir sebelumnya: vampir yang berbudaya!

Kurang lebih Only Lovers Left Alive adalah sebuah film drama romantis antara dua vampir old-soul yang telah hidup ratusan (atau ribuan) tahun, Adam (Tom Hiddleston) dan Eve (Tilda Swinton). Adam, adalah seorang underground musician yang tinggal di Detroit. Ia mungkin vampir paling sendu yang pernah ada: penyendiri, depresi, dan muak dengan para manusia yang disebutnya "zombie". Sedangkan sang kekasih, Eve, tinggal di Tangier, Maroko, sedikit lebih ceria dan bijaksana. Mengetahui bahwa sang suami sedang "galau", Eve pun mengunjungi sang suami. Sesungguhnya tidak banyak yang kita ketahui dari kedua vampir ini, Jim Jarmucsch hanya melempar sedikit petunjuk dalam dialog-dialognya yang mengalir. 

Film Jim Jarmusch yang sudah pernah saya tonton sejauh ini baru Paterson, jadi saya belum cukup familiar dengan gaya bertuturnya. Bagi kebanyakan penonton awam, Only Lovers Left Alive mungkin sangat membosankan. Filmnya nyaris tanpa konflik berarti dengan suara datar Tom Hiddleston yang berasa kayak "sudah bosan hidup", sebagian besar isi filmnya hanya tentang para vampir itu yang mengobrol santai sambil berkontemplasi. Namun entah bagaimana, Only Lovers Left Alive bisa menyeret saya ke dalam ceritanya yang berdurasi 2 jam lebih dikit. Melalui sudut pandang makhluk yang hidup ratusan tahun, Jim Jarmusch menyampaikan muatan-muatan kegelisahan filosofisnya soal hidup dan manusia dalam dialog-dialognya yang ringan tapi menarik. Jika kamu adalah seorang makhluk yang hidup selama beratus-ratus tahun, maka seharusnya kamu jadi makhluk yang bijaksana dan berintelektual tinggi - dan ini yang ia wujudkan dalam kehadiran sosok Adam dan Eve. Mungkin mereka terasa seperti pretentious snob, tapi jika kamu hidup selama ratusan tahun dan harus hidup berdampingan bersama "makhluk-makhluk bodoh" macam manusia, rasanya mustahil untuk tidak jadi makhluk menyebalkan dan sok tahu. Vampir yang hidup jauh lebih lama daripada manusia jelas lebih bisa melihat dari sudut pandang yang lebih luas dibandingkan manusia dengan usia pendek yang membuatnya tidak punya cukup waktu untuk belajar dari kesalahannya.

Lalu, bagaimana seharusnya makhluk yang telah hidup ratusan tahun menjalin hubungan percintaan? Jim Jarmusch menangkap esensi itu dalam menggambarkan hubungan Adam dan Eve. Mereka jelas sudah bukan pasangan dimabuk asmara yang merasa dunia milik berdua, sebaliknya hubungan percintaan mereka sekilas terasa dingin - namun masih punya pondasi dan chemistry yang kokoh. Mereka bahkan tidak perlu tinggal bersama (yang tidak dijelaskan alasannya), namun masih saling mencintai dan peduli. Tom Hiddleston dan Tilda Swinton menjadi pasangan vampir paling romantis yang pernah ada, dalam caranya yang terasa subtle namun tetap manis. Kita bisa melihatnya melalui adegan keduanya saat berdansa bersama, atau sexual scene-nya yang sekedar dihadirkan dalam nude-scene saat keduanya tidur yang tampak artistik, atau melalui gestur sentuhan kecil saat keduanya bersama, saat keduanya menghadapi konflik kecil yang diakibatkan adik Eve, Ava (Mia Wasikowska), hingga saat mereka menyusuri jalanan kota Detroit yang telah mati sambil berbincang ringan dan random. Adam yang sendu dan mencintai masa lalu, dan Eve yang lebih bijaksana dan optimis - keduanya bagaikan hitam dan putih yang saling melengkapi. Kalau saya jadi vampir dan bisa hidup ratusan tahun, keduanya adalah relationship goal. Sudah kawin ratusan tahun dan masih setia!

Dengan rambut acak-acakan yang kabarnya wignya terbuat dari campuran rambut manusia dan bulu kambing, Tom Hiddleston dan Tilda Swinton bermain sangat baik dengan chemistry yang terasa indah dan romantis untuk ditonton. Tom Hiddleston memainkan karakter Adam dengan baik - sebagai vampir tua pemurung yang nampak lelah dengan hidup, sedangkan Tilda Swinton...oemji, dengan kulit pucat bak pualam dan kecantikan yang unik, kayaknya ga ada aktris yang lebih baik lagi berperan sebagai ratu vampir selain doi! Mia Wasikowska tampil mencuri perhatian sebagai adik Ava, adik Eve, yang enerjik dan jauh kekanak-kanakan dibandingkan sang kakak. Menyenangkan melihat Mia Wasikowska yang biasanya berakting melankolis dan sendu di sini ia tampil ceria dan agak annoying.

Only Lovers Left Alive juga merupakan sebuah film yang indah, artistik, dan.... seksi. Komposisi musik yang digarap Jozef van Wissem - dengan nuansa campuran grunge, soul, dan eksotika musik ala Timur Tengah - sangat cocok dengan mood Only Lovers Left Alive sebagai film indie-vampir yang bernuansa gothic, rock and roll, dan gloomy. Salah satu soundtrack film terkeren yang pernah saya tahu. Visualnya yang digarap sinematografer Yorick Le Saux, dalam balutan warna-warna gelap yang seksi, juga begitu memanjakan mata dari awal dari akhir - sangat instagrammable!

Overview:
Only Lovers Left Alive adalah film indie vampir yang unik, seunik penampilan sang sutradara, Jim Jarmusch. Mungkin menonton hidup vampir yang ternyata datar-datar saja terasa sedikit membosankan, namun entah bagaimana dengan sedikit selipan humornya dan dialog-dialognya ringan namun dalam dan filosofis, Only Lovers Left Alive berhasil membuat saya menontonnya tanpa kebosanan. Tom Hiddleston dan Tilda Swinton tampil sangat baik sebagai pasangan vampir hipster paling romantis. Soundtrack music-nya indah (dan seksi), dengan visual yang super artsy. 

Komentar

  1. tipikal film cannes ya mbak, film2 seperti ini mmg pantas dijagokan untuk festival, bukan kepentingan box office.

    Selama ini mmg sdh ada di hardisk saya film ini, thx sdh riview, gw jd semangat mau nonton filmnya :D

    makasi mbak niken handamari

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!